Translate

Sabtu, 03 Desember 2022

Ekspedisi Ke Lokasi Musibah Gempa Bumi Cianjur Jawa Barat

Tim Ekspedisi Laskar Jariyah akhirnya berangkat menuju lokasi bencana gempa bumi di Cianjur Jawa Barat. Beranggotakan 6 orang tim berangkat membawa barang-barang yang dibutuhkan oleh para korban gempa bumi yang berasal dari donasi yang terkumpul dari para donatur Laskar Jariyah.

Tim membawa barang-barang sesuai kebutuhan di lokasi sesuai yang diinformasikan dari posko gabungan relawan muslim yang sudah berada di lokasi bencana gempa bumi sejak hari pertama setelah kejadian. Barang-barang berupa sembako beras, minyak goreng, lauk pauk seperti daging-ikan kalengan, abon. Juga buah-buahan mengingat keluhan para penyintas yang sembelit karena terlalu banyak makan mie instan. Tak ketinggalan tenda terpal untuk menambah kebutuhan perlindungan para penyintas.

Perjalanan kurang lebih lambat 5 jam dari perkiraan 10 jam dikarenakan ada pengalihan arus lalu lintas di wilayah Jatilawang Banyumas. Alhamdulillah sampai di lokasi dengan aman langsung menuju posko induk gabungan relawan muslim. yang terdiri dari para santri Pesantren Merapi Merbabu, relawan Laskar Sedekah, Masjid Jogokaryan. Posko induk ini diinisiasi oleh para tenaga dari Baitul Maal Merapi Merbabu (BM3).

Begitu hadir, tim Laskar Jariyah kemudian mengadakan koordinasi dengan tim posko. Terkait dengan pembagian bantuan. Sesuai dengan saran dari relawan posko yang sudah sepekan lebih di lokasi, bantuan sebaiknya langsung diserahkan ke tiap posko yang dibuat oleh aparat RT setempat. Agar dalam pembagian kepada warga bisa merata.

Berbekal dari data relawan posko, diputuskan ada 3 posko yang akan dituju untuk pembagian barang bantuan dari donatur Laskar Jariyah. Nampak sepanjang perjalanan, banyak rumah yang rubuh belum sempat dirapikan. Karena saat ini para warga sedang fokus dengan membuat hunian sementara yang aman dan nyaman. Menggunakan tenda terpal yang didirikan di samping rumah mereka yang rubuh.


Lokasi kedua, tim ekspedisi Laskar Jariyah dipandu menuju wilayah yang tak kalah parahnya. Terlihat pengorganisiran posko sudah nampak rapi. Sehingga semua bantuan bisa terdata dengan baik. Juga pembagiannya bisa adil dan merata. Tim Laskar Jariyah disambut dengan hangat kemudian dipertemukan dengan ketua RT untuk serah terima secara sederhana.

 

Lokasi ketiga agak jauh, tim menyusuri rute yang sepanjang kanan-kiri banyak rumah yang rusak. Baik rumah yang besar mewah maupun yang sederhana. Ada yang hanya retak-retak hingga yang rata dengan tanah. Lokasi ketiga ini lebih memprihatinkan. Karena lokasi hunian sementara terbatas. Sehingga ada warga yang membuat hunian sementara itu berada di atas lokasi makam.
 
Di lokasi ini juga ada mushola darurat sebagai tempat untuk berkumpulnya anak-anak. Mereka ada program terapi dari kondisi paska gempa. Selain untuk belajar dan beribadah.

Dari hasil ekspedisi pertama ini, tim Laskar Jariyah mendapatkan tambahan informasi kebutuhan di lapangan. Terutama terkait dengan kondisi psikologi anak-anak korban gempa bumi. Maka untuk tahap kedua nanti, tim Laskar Jariyah akan memfokuskan pada program trauma healing kepada anak-anak. Untuk itu kembali Penggalangan Donasi untuk Musibah Gempa Bumi Cianjur dibuka.

Silahkan kirimkan donasi Sobat Jariyah sekalian melalui rekening Laskar Jariyah di Bank Syariah Indonesia No.(451) 714 615 7477 a.n. Yayasan Laskar Jariyah Indonesia.
atau Scan kode QRIS di bawah ini 

Silahkan konfirmasi transfer ke 087727739227 

Laskar Jariyah

Author & Editor

Komunitas Investasi Akhirat. Berkah-Berfaedah-Jariyah.


Sedekah Scan QRIS

Sedekah Scan QRIS

Rincian Donasi Palestina Masuk

Rincian Donasi Palestina Masuk

Follow us on Facebook

Lokasi Ekspedisi Berhasil Terkirim

Total Donasi Tersalurkan

Rp. 552.293.250

Video Ekspedisi Tim Laskar Jariyah

Markas Laskar Jariyah