Translate

Sabtu, 17 Desember 2022

Ekspedisi Ke-2 Cianjur : Trauma Healing Anak-Anak

 

Alhamdulillah, Laskar Jariyah dipercaya mendapatkan amanah untuk kembali menyampaikan bantuan kepada para korban gemba bumi di Cianjur Jawa Barat. Jika pada kali pertama ekspedisi misinya adalah menyampaikan bantuan berupa sembako langsung ke posko-posko pengungsian, untuk ekspedisi ke-2 ini berbeda. Kali ini, tim Laskar Jariyah akan mengadakan kegiatan trauma healing kepada anak-anak para korban gempa bumi Cianjur.
Kegiatan trauma healing ini akan diisi dengan pemberian kisah atraktif yang disampaikan oleh Kak Dani yang khas dengan boneka Ditonya. Selain kisah, anak-anak juga mendapatkan paket snack menarik dengan harapan selain terhibur dengan kisah mereka juga bisa menikmati jajan sehat dan menarik. 

Lokasi pertama trauma healing adalah di dusun Sukajaya Cisalak Cianjur. Anak-anak berkumpul di tenda yang difungsikan sebagai mushola darurat. Pertama-tama anak-anak masih merasa asing dengan kejadiran tim Laskar Jariyah. Begitu Kak Dani melakukan tes microphone dengan suara helikopternya spontan anak-anak tertawa dan beberapa anak yang masih belum masuk bergegas masuk tenda. Bukan hanya anak-anak saja yang tertarik, beberapa ibu-ibu dengan membawa balitanya ikut merapat tak ingin ketinggalan menyimak kisah dari Kak Dani.
Lokasi kedua bertempat di dusun Padaluyu Cugenang Cianjur. Di lokasi anak-anak sudah terkondisikan dengan baik. Tim Laskar Jariyah dibantu oleh relawan dari posko BM3 (Baitul Maal Merapi Merbabu) dan relawan dari Hanima Foundation Sukabumi. Karena sudah terkondisikan sehingga mereka seakan sudah tahu akan mendapatkan hiburan apa sebelum tim Laskar Jariyah hadir. 
Tidak ketinggalan pula ibu-ibu dengan balitanya turut menikmati kisah yang Kak Dani sampaikan. Bahkan setelah semuanpaket snack dibagikan kepada anak-anak, oleh relawan kelebihan snack dibagikan kepada para ibu-ibu tersebut.
Nampak ibu-ibu ikut berbahagia bersama dengan anak-anak. Selain menyampaikan paket snack, tim Laskar Jariyah juga menyerahkan peralatan ibu-ibu dan bayi seperti popok dan selimut kepada ketua RT setempat untuk dipergunakan seoptimal mungkin.
Hari sudah menjelang sore, rencana awal kegiatan Trauma Healing ini hanya ditujukan kepada 2 posko pengungsi gempa bumi. Namun, dikarenakan para anak terlihat antusias, tim Laskar Jariyah diminta untuk hadir lagi di satu posko. Kami pun langsung mengiyakan. Di posko yang ketiga ini ada beberapa korban meninggal akibat gempa bumi. Saat kami sampai di lokasi, kami menjumpai ada satu anak yang menjadi korban selamat namun di sekujur kepalanya dipenuhi dengan jahitan. Ada seorang ibu-ibu yang bercerita yang ibundanya meninggal karena ketimpa reruntuhan bangunan rumah.


Hati kami lega melihat senyum anak-anak korban gempa bumi Cianjur kembali merekah bahagia. Semoga trauma dari tragedi gempa bumi sedikit demi sedikit menghilang dan anak-anak kembali ceria menjalani aktivitas sehari-harinya.

Masih ada satu lagi misi tim Laskar Jariyah, yaitu menyampaikan bantuan berupa buku iqro dan snack untuk anak-anak kepada posko Trabas Charity. Di posko ini fokus menyalurkan bantuan ke lokasi yang tidak bisa dijangkau dengan kendaraan roda empat. Mereka adalah komunitas yang terdiri dari para pengendara trail
Tuntas sudah kegiatan ekspedisi kedua tim Laskar Jariyah ke Cianjur. Terima kasih kepada para donatur sekalian yang telah mempercayakan Laskar Jariyah untuk menyalurkan langsung kepada para korban musibah gempa bumi. Allah menjadi saksi atas amal sedekah para donatur sekalian dan pasti akan berbalas dengan yang lebih baik.






Laskar Jariyah

Author & Editor

Komunitas Investasi Akhirat. Berkah-Berfaedah-Jariyah.


Sedekah Scan QRIS

Sedekah Scan QRIS

Rincian Donasi Palestina Masuk

Rincian Donasi Palestina Masuk

Follow us on Facebook

Lokasi Ekspedisi Berhasil Terkirim

Total Donasi Tersalurkan

Rp. 552.293.250

Video Ekspedisi Tim Laskar Jariyah

Markas Laskar Jariyah